DIY: How to Make Sleeveless Simple Top (Cara Membuat Atasan Sederhana Tanpa Lengan)

“Lin, ajarin jahit dong.” 

Oke I accept the challenge! Yok belajar jahit!

DIY tank top batik1

Pelajaran pertama mari kita membuat atasan sederhana tanpa lengan.

Psst,,, berhubung aku suka banget sama batik dan mengelola geLintang, clothing line berbahan dasar batik, jadi pelajaran-pelajarannya bakalan pake kain batik.

 

DIY tank top batik2

Yang kamu perlukan:

  • Kainnya,, kalo untuk ukuranku kain ukuran 1 m x 1 m juga udah bisa jadi atasan sederhana
  • Tank top / atasan tanpa lengan favorit sesuai ukuranmu untuk bikin pola
  • Kertas tembus pandang untuk pola,, aku bikin pake kertas minyak
  • Meteran
  • Pensil, bolpen, apapun untuk gambar
  • Jarum pentul
  • Benang, jarum, mesin jahit untuk jahit,, kalo nggak punya mesin jahit boleh coba-coba dulu pake jahitan tangan

DIY tank top batik3

Lipat tank top favorit jadi dua. Taruh kertas minyak di atas tank top. Trus dijiplak deh. Lakukan hal yang sama untuk bikin pola bagian belakang.

DIY tank top batik4

Kamu bakalan punya dua pola depan dan belakang kayak gitu. Kasih tanda M untuk muka dan B untuk belakang.

DIY tank top batik5
Lipat kain jadi dua bagian trus pasang jadi begini. Yang bagian tengah nempel di lipatan kain.
DIY tank top batik6

Then pasang jarum pentul supaya polanya nggak geser-geser.

DIY tank top batik7

Tandai 2 cm dari pola seperti gambar di atas.

DIY tank top batik8

Untuk bagian lengan dan leher, tandai 1 cm

DIY tank top batik9

Jadinya seperti gambar ya. Aku sarankan untuk tandai di kain pake kapur kain yang tersedia di toko alat-alat jahit.

DIY tank top batik10

Potong mengikuti garis yang sudah kita tandai tadi.

DIY tank top batik11

Tempel pola muka dan pola belakang. Perhatikan,, kain bagian dalam atau bagian kain yang jelek ketemu dengan kain bagian dalam yang lain. Tempel dengan jarum pentul supaya tidak goyang. Untuk kamu yang baru pertama kali menjahit sebaiknya jahit telusur dulu kedua pola, kemudian jahit menggunakan mesin jahit.

DIY tank top batik12
DIY tank top batik13

Kalau sudah terjahit bagian kanan, kiri dan bahu, balik kain. Kemudian pasang lagi jarum pentul. Kemudian jahit lagi.

DIY tank top batik14

Hasilnya akan seperti ini. Ini adalah bagian dalam baju.

DIY tank top batik15

Sedangkan ini adalah bagian luar baju

DIY tank top batik16

Sekarang kita mau bikin finishing untuk lengan dan leher. Potong miring sisa kain.

DIY tank top batik17

Aku biasanya bikin dengan lebar kira-kira 4 cm. Inget kainnya harus miring supaya serat kainnya nggak lari-lari dan bagus jatuhnya ketika dijahit.

DIY tank top batik18

Lipat jadi dua memanjang.

DIY tank top batik19

Tempel di sekeliling kerung lengan dan kerung leher di bagian luar baju menggunakan jarum pentul.

DIY tank top batik20

Untuk kamu yang pertama kali jahit sebaiknya jahit jelujur dulu baru kemudian jahit dengan mesin jahit.

DIY tank top batik21

Sekarang balik ke arah baju bagian dalam. Pasang lagi jarum pentulnya, kemudian jahit.

DIY tank top batik22

Ini adalah penampakan baju bagian dalam. Untuk bagian bawah lipat sekitar 1 cm dua kali, kemudian pasang jarum pentul baru kemudian jahit. Aku lebih suka jahit pakai mesin jahit biarpun jahitannya kelihatan. Kalo guruku lebih suka di-sum supaya jahitannya nggak kelihatan.

DIY tank top batik23

Nah bagian luarnya jadinya seperti ini nih.

DIY tank top batik24

Yippie jadi deh.

Ini adalah tutorial pertama aku. Kalo kurang jelas ato ada pertanyaan apa bilang aja ya.

 

Blog post ini pernah dimuat di https://www.dinilint.com/2016/11/diy-how-to-make-sleeveless-simple-top.html

Thank you for your attention. 🙂

geLintang

One Comment Add yours

  1. CREAMENO says:

    Waaaah kreatif! Hasilnya bagus sekali lhooo 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s