Offline Market ge.lintang di Qlapa Office Market

Setelah berbagi tentang masa persiapan offline market untuk ge.lintang, pada post kali ini #gelintangteam ingin berbagi tentang suasana ge.lintang booth mulai dari loading barang, menata booth berdasarkan angan-angan, bertemu dengan pelanggan secara offline, hingga membawa kembali segala printilan kembali pulang ke Semarang.

indonesia clothing line 8 - ge.lintang

ge.lintang

ge.lintang adalah clothing line yang berasal dari Indonesia yang menggunakan material utama kain-kain tradisional dari Indonesia seperti batik, tenun, dan lurik namun memiliki desain simple dan beda atau sebut saja kekinian meminjam istilah anak jaman now. ge.lintang sendiri berasal dari Semarang dan hingga tulisan ini dibuat kain-kain tradisional yang digunakan #gelintangteam untuk membuat Gelintang ready to wear berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jogjakarta seperti Semarang, Klaten, Jogja, dan Pekalongan. Meskipun ge.lintang berasal dari Semarang, namun sejak diperkenalkan secara online di tahun 2017, customer ge.lintang mayoritas berasal dari Jakarta. Oleh sebab itu ketika ada kesempatan untuk berjualan offline di Jakarta #gelintangteam merasa sangat antusias.

indonesia clothing line 6 - ge.lintang
Salah satu koleksi ge.lintang dengan ciri khas warna cerah dan motif ndol-ndol

Bersiap untuk offline

Berhubung #gelintangteam belum pernah berjualan offline sama sekali, jadi hal pertama yang harus dimiliki ge.lintang untuk membuat booth adalah rak pakaian untuk display. Tujuan pertama #gelintangteam saat di Jakarta adalah melipir untuk beli rak pakaian di Ikea. #gelintangteam pilih beli rak di Ikea mengingat Ikea punya koleksi furniture yang simple tapi juga gampang disusun yang kemungkinan besar gampang pula untuk dibongkar. #gelintangteam sebenarnya juga berharap dapat menemukan kaca cermin untuk display booth di Ikea juga, namun sayangnya Ikea terhalang ijin sehingga tidak dapat menyediakan kaca cermin di toko mereka. Thank God #gelintangteam mendapatkan kaca cermin di LotteMart.

indonesia clothing line - ge.lintang

#gelintangteam melakukan loading malam hari sebelum acara Qlapa Office Market berlangsung. Saat proses loading terjadi hal kurang menyenangkan. #gelintangteam tidak punya kendaraan pribadi di Jakarta dan mengandalkan taksi online untuk mengangkut barang. Barang ge.lintang adalah 3 rak pakaian, 1 kaca ukuran sedang, dan 2 koper besar. Apabila driver-driver sebelumnya mau membantu #gelintangteam membawa barang-barang ke atas mobil, driver yang satu ini hanya duduk diam di balik kemudi. Saat loading barang sebaiknya mobil masuk hingga ke loading deck. Driver #gelintangteam saat itu complain jika harus membawa mobil hingga ke loading deck. Alhasil driver bersungut-sungut dan menurunkan kami di depan salah satu lift di area Menara Mandiri. Ah ya sudah lah,, kalau dari tadi tidak mau kan lebih baik cancel order aja.

indonesia clothing line 5 - ge.lintang
Koleksi ge.lintang wayang series

Selesai masalah dengan driver, #gelintangteam tidak memiliki kendala yang terlalu berarti. Ketika #gelintangteam memasuki area pameran, semua tenant sudah sibuk dengan booth-nya masing-masing. Memang #gelintangteam baru datang ke area sekitar jam 21.30 sedangkan acara loading barang berlangsung sejak jam 19.00 dan dibatasi hingga jam 24.00. #gelintangteam pun mulai merakit rak pakaian, menempatkan meja dan rak-rak sedemikian rupa, memasang gambar, men-display pakaian, dan menyembunyikan koper super besar. Yeay,, sebelum jam 24 pekerjaan #gelintangteam dalam mendisplay booth sudah selesai. Oia, #gelintangteam tidak punya tim desain untuk booth atau pun gambar desain untuk booth, semuanya jalan saja sesuai kemauan hati. Hehehe.

Meskipun ge.lintang dijual secara online namun, ge.lintang harus memperkenalkan diri secara offline supaya lebih dikenal oleh target market ge.lintang. Ajang ikut pameran atau bazar atau pop market semacam ini juga mengasah kemampuan #gelintangteam dalam menjual Gelintang ready to wear secara langsung. Selain itu ge.lintang juga dapat mengetahui secara langsung respon masyakarat tentang Gelintang ready to wear dan mendapat masukan-masukan berharga dari teman-teman pecinta ge.lintang.

indonesia clothing line 2 - ge.lintang
Favorit di ge.lintang booth, motif truntum

Hari H offline

Hari pertama booth offline ge.lintang ikutan Qlapa Office Market ternyata sepi pengunjung. Bukan hanya booth-nya ge.lintang yang sepi pengunjung, tapi memang pengunjung Qlapa Office Market hari pertama itu sedikit sekali. Keramaian hanya muncul saat jam makan siang. Ya iya, kan para karyawan istirahatnya di jam makan siang. Tapi di hari pertama #gelintangteam bertemu dengan pelanggan baru yang baru pertama mengenal Gelintang ready to wear. Mereka seneng banget tahu ada produk semacam Gelintang ready to wear yang beda, unik, tapi juga wearable. #gelintangteam lebih seneng lagi dong, ternyata produk Gelintang ready to wear yang berbahan dasar kain etnik bisa diterima dengan baik oleh target market. Yeay.

Hari kedua booth offline ge.lintang di Qlapa Office Market juga masih sepi pengunjung. Suasana Qlapa Office Market-nya juga masih sepi. Keramaian muncul di jam makan siang. Hari ini #gelintangteam baru menyadari bahwa ge.lintang mengikuti bazar yang salah. Jadi Qlapa membuat Qlapa Office Market dengan bekerjasa dengan Bazar Jakarta. Ternyata Bazar Jakarta ini semacam pasar dadakan berkedok bazar yang diadakan di area perkantoran SCBD. Kenapa disebut pasar? Ya karena yang dijajakan adalah barang-barang semacam underwear, baju, parfum imitasi, piring, dan semacamnya dengan harga super murah. Ternyata bazar semacam ini sudah berlangsung rutin, sedangkan untuk Qlapa Office Market sendiri adalah kali pertama. Mengingat pasar berkedok bazar yang sudah rutin dilaksanakan, maka tidak heran jika orang-orang yang berkunjung kesana adalah orang-orang yang mencari harga murah. Tentu saja produk Gelintang ready to wear tidak masuk ke dalam budget orang-orang ini karena ge.lintang menjaga kualitas. Yah, untuk kain tradisional sendiri ge.lintang pilih yang kualitasnya ok. Untuk kain prinsip ada harga ada rupa sangat memengaruhi. Jadi di hari kedua ini #gelintangteam sudah pasrah saja sambil berharap ada orang-orang yang iseng pengen tahu produk berkualitas di Qlapa Office Market dan bertemu ge.lintang.

indonesia clothing line 7 - ge.lintang
Display minimalis ge.lintang booth

That happy faces

Meskipun penjualan tidak terlalu baik namun Gelintang ready to wear berhasil dibawa pulang oleh beberapa pelanggan baru. Salah satu hal yang tidak bisa didapatkan #gelintangteam dengan berjualan online adalah melihat ekspresi pelanggan Gelintang ready to wear saat berkenalan dengan koleksi-koleksi ge.lintang. Di booth offline ini #gelintangteam melihat wajah-wajah cerah, ceria, dan kaget ketika berkenalan dengan ge.lintang. #gelintangteam juga mendapat masukan secara langsung dari pengunjung booth offline ge.lintang.

Selain berkenalan dengan pengunjung, dengan ikut bazar offline semacam ini, #gelintangteam juga menambah teman dengan berkenalan dengan tenant-tenant yang juga membuka booth offline di Qlapa Office Market. Dari situ #gelintangteam bisa menimba ilmu tentang dunia clothing line dan bisnis handmade sehingga #gelintangteam dapat mengurus ge.lintang lebih baik lagi.

indonesia clothing line 4 - ge.lintang

Banyak suka duka dari pengalaman pertama. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dan kemudian diterapkan kembali. Meskipun #gelintangteam tetep pulang dengan banyak barang dan jumlah koper nggak berkurang tapi kami tetep semangat dan berharap masih bisa ikut serta dalam offline market selanjutnya, namun dengan lebih jeli melihat target market yang sesuai dengan produk ge.lintang ready to wear yang mengedepankan kualitas. #gelintangteam harus tetap semangat untuk memperkenalkan ge.lintang sebagai clothing line yang punya desain unik tapi wearable dengan bahan dasar kain tradisional Indonesia seperti batik, tenun, dan lurik. #gelintangteam berharap dengan memakai ge.lintang ready to wear kamu bisa bersinar seperti bintang seperti arti kata ge.lintang sendiri.

Terima kasih sudah membaca 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s