Oversized Blouse

Aku punya pattern baru, yaitu oversized blouse. Mengapa membuat oversized blouse? Karena aku ingin atasan yang nyaman, nggak panas, tapi juga praktis. Oversized blouse adalah atasan yang praktis, nyaman, dan tentu saja adem saat digunakan. Karena yang membuat ini Gelintang, jadi jelas bahannya berasal dari batik. Awalnya oversized blouse ini adalah #gelintangoutter yang kemudian berubah…

Bucket Hat Gelintang

Bucket hat dari kain batik ini adalah proyek nggak sengaja. Efek kelamaan di rumah membuat aku lebih rajin bersih-bersih rumah. Saat bebersih, aku menemukan buku lama tentang jahit-menjahit. Buku itu aku dapatkan di toko buku second di Tokyo. Aku memang suka dengan buku tutorial menjahit dari Jepang. Meski menggunakan bahasa jepang, tapi di buku tutorial…

Upcycling Blouse into Jumpsuit

Berhubung punya banyak atasan batik dan pengen punya jumpsuit batik, jadi aku gabungin dua atasan batik dengan motif sama menjadi satu jumpsuit. Thank God aku masih punya kain batik dengan motif sama, jadi aku bisa tambahin kain untuk upcycling jumpsuit dari dua blouse ini. Kalau kamu ngikutin instagram @gelintang_ aku dulu pernah bikin beberapa seri…

Upcycle Atasan Leher Kotak

Beberapa tahun yang lalu, aku bikin seri atasan batik yang bisa dipakai bolak-balik, bagian depan bisa dipakai di belakang, begitu juga sebaliknya. Ada yang aku buat dari kain batik, tiap sisi punya motif beda, tapi dengan nuansa warna yang sama. Ada yang aku buat dari kain emboss, tiap sisi punya warna beda, tapi tentu saja…

Upcycling into Off Shoulder Dress

Pandemi Covid-19 dan anjuran pemerintah untuk #dirumahaja membuat aku punya ide untuk meng-upcycle baju-baju di lemari. Hari ini salah satu ide upcycle baju yang terlintas di kepala berhasil dilaksanakan. Yippie. Aku menggabungkan dua atasan batik, tentu saja atasan Gelintang yang pernah aku jahit sebelumnya. Terus terang aja, lemariku udah mulai penuh, dan aku udah mulai…

DIY: How to Make Sleeveless Simple Top (Cara Membuat Atasan Sederhana Tanpa Lengan)

“Lin, ajarin jahit dong.”  Oke I accept the challenge! Yok belajar jahit! Pelajaran pertama mari kita membuat atasan sederhana tanpa lengan. Psst,,, berhubung aku suka banget sama batik dan mengelola geLintang, clothing line berbahan dasar batik, jadi pelajaran-pelajarannya bakalan pake kain batik.   Yang kamu perlukan: Kainnya,, kalo untuk ukuranku kain ukuran 1 m x 1…

Resort Wear dari Batik? Bisa!

Tahu nggak? Kain batik itu nggak melulu berbahan kain katun mori lho. Beberapa waktu lalu aku menemukan kain batik yang berbahan kain paris. Kain paris ini teksturnya tipis, jatuh, dan mengikuti bentuk tubuh.   Aku menemukan kain batik berbahan kain paris ini dalam Pasar Beringharjo, Jogja. Istimewanya, pilihan-pilihan motifnya warna-warni dan cerah. Aku pilih salah…

Dress from Parang Batik leftover

One of the issue of creating something, like create a dress, a top, or anything by sewing is producing the leftover fabric. While we work with ethnic fabric, that not made easily, so sometimes it’s hard to put the leftover fabric into garbage bin. In other side, the leftover fabric is become a mess in…

Timun Mas Exhibition by Davy Linggar

Beberapa hari yang lalu #gelintangteam beruntung bisa menikmati Timun Mas Exhibition karya Davy Linggar. Pameran seni ini diadakan di Senayan City. Timun Mas sendiri adalah cerita dari Jawa Tengah yang bercerita tentang anak perempuan yang berani. Pameran Timun Mas dibuat dari lembaran-lembaran kain. Di pintu masuk kita disambut dengan potongan-potongan kain putih yang digantungkan di…

The Story Behind Clothes

Have you ever wonder how’s the story behind the clothes that we wear? If you live a couple of century ago it’s easy to find the history of our clothes. Why? It’s because that time people made their own clothes. The rich one made their own colthes with their personal tailor, while the poorer sewed…